Selasa, 02 Agustus 2011

New Honda Blade dan New Yamaha Jupiter Z

Minggu ini PT AHM sebagai ATPM sepeda motor Honda merilis Honda Blade terbaru. Di milis, website Honda, ataupun website otomotif lainnya banyak yang berdebat tentang desain motor ini. Pertama karena desain batok lampu di stang sekilas sangat mirip dengan pesaingnya terdahulu, Yamaha New Jupiter Z. Sama-sama mengusung dual light, Blade memiliki desain yang lebih runcing hingga tampak seperti paruh dari samping tetapi sekali lagi sangat mirip Jupiter Z jika dilihat dari depan. Ada satu komentar yang menyebut, Jupiter Z tidak begitu ramai di pasaran karena bentuknya yang seperti alien, justru malah dicontek oleh kompetitornya. Mungkin ada benarnya, di beberapa diskusi saya juga banyak yang sepakat mengenai hal itu.

Perhatian kedua saya ada di sektor dada tempat lampu sein dan plat nomor. Dilihat dari samping atau depan semua sepakat Blade sebelas dua belas dengan Honda Vario Techno. Dari dada atas sampai sayap, semua sangat mirip. Lampu sein sangat panjang dari ujung depan hingga belakang dengan aksen kuning sesuai peruntukan fungsi lampu sein. Jika Jupiter Z dadanya justru lebih mirip mona-mona yang sempat beredar di tanah air, Blade ini tampak lebih sporty dan anggun. Kemiripan Blade dengan Vario Techno berlanjut hingga fender atau spatbor depan dan buntut termasuk beberapa pilihan warnanya.

Dari sisi mesin mungking belum saatnya dibahas karena belum sempat mencoba. Tetapi melihat desain knalpotnya, banyak setuju kalau ini knalpot yang berdesain sangat bagus. Menurut saya justru sangat jelek dan tidak serasi dengan desain bodi keseluruhan. Mungkin satu-satunya kesamaan konyolnya desain Blade dan Jupiter Z terbaru ini ada di desain knalpot yang seperti lelucon.



2 komentar:

cielo_blog mengatakan...

iya sih...kalo diliat antara Blade sama Vario Techno hampir sama. tapi lebih bagus Blade K4967V hehehehe

thepitmontor mengatakan...

blade nya sakit hehehe