Jumat, 10 September 2010

Honda New Mega Pro vs Yamaha Bison

Pertarungan antara pabrikan terbesar di Indonesia, Honda dan Yamaha selalu menarik untuk diikuti. Menjelang Lebaran tahun 2010 ini perang urat syaraf antar keduanya sudah berlangsung, bahkan sejak awal tahun. Yang tak disangka adalah justru Honda lah yang terlebih dahulu meluncurkan senjata barunya untuk menggempur Yamaha dengan mengeluarkan Honda New Mega Pro.

Mega Pro generasi terbaru ini dari info di beberapa tabloid motor, sekaligus menjadi pengganti dari Mega Pro generasi lama yang akan discontinue alias tidak diproduksi lagi. Mega Pro 2010 ini dipersenjatai dengan mesin, rangka dan bodi yang sama sekali baru. Mesin ini berbeda karena memakai dapur pacu 150 cc berbeda dengan generasi lama yang 10 cc besar. Yang paling menarik adalah penggunaan monosok untuk peredam kejut belakang. Langkah ini adalah suatu terobosan baru di industri motor sport Honda Indonesia setelah sekian puluh tahun berkutat di double shock bahkan untuk Tiger sekalipun.

Pemakaian monoshock ini menjawab kebosanan penggemar Honda yang sudah tuun temurun. Penggemar Honda yang sudah tak sabar sudah semakin gelisah, bahkan tak sedikit dari mereka beralih ke merk rival yang lebih menyajikan desain segar.


Yamaha Bison adalah salah satunya. dengan desaain khas Yamaha, dia siap menggempur Honda New Mega Pro yang lebih dulu diluncurkan pada medio September 2010. Dengan desain yang mirip, Bison mempunyai keunggulan desain yang lebih agresif. Paling menonjol adalah bentuk tangki bensin dan bagian buntut. Tangki yang besar mengesankan motor ini adalah wakil Yamaha untuk jenis street fighter. Buntut sendiri memiliki keunikan yaitu posisi stop lamp yang tidak di bodi motor, melainkan menempel pada fender belakang.

Jika pada Mega Pro desain knalpot masih memanjag konvensional, maka pada Bison desain knalpotnya lebih sporty dengan mengacu moge Yamaha seperti R6 dan FZ 6 yang pendek dan kekar. Cocok sekali dengan gaya street fighter.

Untuk urusan kaki-kaki, sekali lagi Bison unggul atas Mega Pro. Meski sudah memakai ring 17" (dulu untuk motor sport Honda memakai ring 18") Honda Mega Pro hanya menyediakan lebar velg dan ban yang sedikit lebih sempit daripada Bison. ini menambah kesan street fighter pada bentuk keseluruhan Bison.

Pada akhirnya yang menentukan adalah selera konsumen. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan sebuah sepeda motor. Dari desain, teknologi, ukuran silinder, sampai harga. Jika Mega Pro hampir menyentuh angka 20 jutaan, Bison cukup di kisaran 18 leih sedikit.

Tidak ada komentar: