Selasa, 28 Juli 2015

Grand New Avanza, Great New Xenia

Duo kembar Toyota-Daihatsu mulai menebar teror kelas low MPV yang sebelumnya dikuasai mereka juga. Bocoran-bocoran gambar bertebaran. Jika Avanza disematkan nama Grand New, maka Xenia baru meleset sedikit namanya dengan Great New. Secara desain jika dilihat dari samping siluetnya sih mirip-mirip versi sebelumnya. Desain depan memiliki perubahan palung banyak dengan lampu dengan potongan melengkung di belakang. Saya pribadi merasakannya desain lampu untuk duo ini kurang tegas karena lengkungannya itu.
Sepintas ada kemiripan dengan generasi awal Fortuner. Ada juga "rasa" Ford Ecosport dan sedan Vios baru. Tren Toyota yang pede dengan grill menganga juga diterapkan di Avanza. Sepintas juga tampak tinggi lampu juga meningkat. Terlihat begitu lebarnya garis bemper terbawah hingga lampu yang maksimal. Jadi agak bias juka dibilang ini low MPV karena garis desainnya mlipir juga ke low SUV. Coba lihat dari samping....

Dengan tingginya bemper hingga lampu terlihat sepintas mirip juga dengan SUV Mitsubishi Pajero. Iya apa nggak? Relatif juga sih ya.

Pindah ke belakang nampaknya tidak ada perubahan yang frontal dengan edisi sebelumnya. Hanya ditambahkan aksen lampu tambahan yang menempel di pintu bagasi layaknya Innova terbaru. Paduan ini seperti lampu belakang milik Avanza-Xenia lawas plus potongan lampu belakangnya Nissan Grand Livina. Iya apa nggak bro?


Monggo dicoba nanti di pertengahan Agustus. Kabarnya akan ada test drive di dealer-dealer. Menarik untuk dicoba. Mengingat duo ini mengusung teknologi pengabut bahan bakar baru berngaran Dual VVTI. Toyota dan Daihatsu mengklaim penggunaan Dual VVTI membuat konsumsi bbm yang lebih irit dan pembakaran mesin yang sempurna.

Kita tunggu.

Tidak ada komentar: